JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut memungkinkan untuk umumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi jenis pertalite dan solar pekan depan.

Baca Juga : Dua Kategori Kendaraan Mesin Bensin akan Dibatasi Gunakan Pertalite

Hal itu diungkapkan oleh Menko Kemaritiman, Luhut Panjaitan saat membawakan kuliah umum di Universitas Hasanuddin yang mengatakan bahwa bisa saja presiden mengumumkan lonjakan harga tersebut.

“Mungkin minggu depan presiden akan mengumumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini,” ujar Luhut dilansir dari CNNIndonesia.com.

Luhut mengatakan alasan utama Jokowi terkait hal itu adalah beban subsidi energi bagi APBN yang melonjak jadi Rp502,4 triliun pada 2022 yangmerupakan imbas kenaikan harga minyak dunia belakangan ini.

Lonjakan itu cukup tajam. Pasalnya, saat menyusun APBN pada tahun lalu, pemerintah hanya mematok anggaran subsidi sekitar Rp170 triliun.

Lonjakan subsidi tersebut terjadi akibat asumsi harga minyak awalnya hanya US$63-US$64 per barel melesat jadi US$100 per barel.

“Jadi presiden sudah mengindikasikan, tidak mungkin kita pertahankan demikian, karena harga BBM kita termurah sekawasan dan itu beban untuk APBN,” jelasnya.

Sebelumnya, Jokowi menyebutkan dengan harga minyak saat ini, harga keekonomian pertalite seharusnya mencapai Rp17.100 per liter. Tapi karena disubsidi pemerintah, Indonesia masih menjual harga BBM itu di Rp7.650 per liter.

Begitu juga solar. Harga keekonomian BBM itu kata Jokowi saat ini Rp19 ribu per liter. Namun di SPBU Pertamina, solar masih dijual Rp5.150 per liter.

Padahal katanya, negara lain di dunia sudah menaikkan harga pertalite menjadi Rp17 ribu per liter dan bahkan ada yang Rp31 ribu per liter.

Ia menambahkan pertamax pun saat ini harganya disubsidi sehingga hanya dijual Rp12.500 per liter, karena harga keekonomiannya sebetulnya Rp17.300 per liter.