EKONOMI – Presiden RI, Joko Widodo, mengungkap fakta ekonomi Dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja, ada bebrapa faktor yang menjadi penyebab sulitnya Ekonomi. Dia mengaku telah berbincang dengan Sekretaris Jenderal Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) Antonio Guterres dan para pimpinan negara G7, semua mengeluh persoalan Ekonomi, Jumat (05/08/2022).

Baca Juga : Andi Sudirman Lepas Peserta Gerakan Sulsel Anti Mager di Torut

Jokowi menyebutkan 3 Faktor  Ekonomi sulit, hal ini bukan hanya di skala Indonesia, melainkan seluruh dunia. Jadi harus tetap waspada.

“Tahun ini kita akan sangat sulit. Terus kemudian seperti apa? Tahun depan akan gelap. Ini bukan Indonesia, ini dunia, hati-hati,” ujar Jokowi pada Silaturahmi Nasional PPAD di Sentul, Bogor. Di kutip dari CNN Indonesia.

Berikut yang menjadi 3 Fakta Ekonomi tahun ini dan tahun depan sulit

  1. Lonjakan Inflasi di Sejumlah Negara

Dia menyebut lonjakan inflasi di sejumlah negara. Pada saat yang sama, negara-negara di dunia mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi, sehingga menimbulkan kondisi yang memprihatinkan.

“Pertumbuhan eknomi turun, tapi inflasi naik, harga-harga barang semua naik. Ini kondisi yang sangat boleh saya sampaikan, dunia pada kondisi yang mengerikan,” kata Jokowi.

  1. Harga bahan pokok di sejumlah tempat naik drastis.

Hal ini disebabkan karena barang-barang yang ada bersumber dari impor, sehingga berpengaruh pada ekonomi global.

  1. Kenaikan Harga Subsidi BBM

Lanjut, Jokowi juga mengatakan, pemerintah sedang berupaya mengendalikan kondisi sekarang ini yang menyebabkan harga subsidi BBM naik.

“Inilah yang sekarang dikendalikan pemerintah. Dengan apa? Dengan subsidi karena begitu harga bensin naik, harga barang otomatis melompat bersama-sama,” katanya.

Baca Juga : BP dan Shell Kompak Turunkan Harga BBM, Ternyata Ini Sebabnya

Nonton Juga