JAKARTA – PT PLN (Persero) meningkatkan keandalan pasokan listrik ke Istana Kepresidenan Jakarta. Untuk meningkatkan keandalan tersebut, PLN melakukan revitalisasi sistem kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta yang direncanakan awal 2023. Revitalisasi kelistrikan di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta penting dilakukan untuk mendukung seluruh kegiatan kenegaraan.

Baca Juga : PLN Dukung Sejumlah Sektor untuk Kesejahteraan Masyarakat

Total kapasitas listrik di Istana Kepresidenan Jakarta adalah 6 Mega Volt Ampere (MVA), yang digunakan untuk seluruh kompleks istana yang terdiri dari Istana Negara, Istana Merdeka, Kantor Presiden, Kantor Wakil Presiden, Wisma Negara, dan Sekretariat Negara.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan, mengatakan manfaat dari revitalsisasi sistem kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta untuk lebih baik lagi.

“Manfaat dari revitalisasi sistem kelistrikan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta ini untuk menjaga kontinuitas pasokan listrik yang memang sudah andal menjadi lebih andal. Tadinya ada 2 sumber pasokan listrik dengan sistem shift, sekarang ada 4 sumber pasokan yang standby,” katanya, Selasa (28/6/2022).

Pekerjaan revitalisasi sistem kelistrikan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta yang sedang dilakukan saat ini meliputi penambahan jumlah sumber pasokan beserta penarikan jaringan listriknya, pembangunan Underground Power House, pembangunan satu gardu distribusi baru, dan revitalisasi empat gardu distribusi eksisting.

Pasalnya, sejak awal dibangun, sistem kelistrikan di seluruh kompleks Istana Kepresidenan Jakarta belum pernah ditata kembali secara menyeluruh dan terintegrasi.

Penambahan lain dalam revitalisasi ini yaitu Uninterruptible Power Supply (UPS) yang sebelumnya backup 25 persen untuk bagian krusial, nantinya akan 100 persen backup kelistrikan di seluruh kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Selain itu penggunaan genset yang sebelumnya backup untuk 30 persen kelistrikan, setelah revitalisasi menjadi 100 persen backup.

“Istana Kepresidenan merupakan wajah Indonesia, maka kami harus mendukung dari sisi kelistrikan sebagai bentuk ketahanan nasional,” tambahnya.

PLN terus berkoordinasi dengan Kementerian Sekretariat Negara dalam rangka revitalisasi kelistrikan di Istana Kepresidenan Jakarta. Dalam pelaksanaannya, dipastikan tidak mengganggu jalannya kegiatan di Istana. PLN secara rutin melaporkan progress pelaksanaan kepada pihak Kementerian Sekretariat Negara.