Kasat-Kusut Menteri Perdagangan

Kasat-Kusut Menteri Perdagangan
Kasat-Kusut Menteri Perdagangan

JAKARTA – Setelah resmi dilantik untuk menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi, Zulkifli Hazan menyatakan bahwa dirinya akan fokus pada penanganan ketersediaan bahan pokok dengan harga terjangkau di pasaran.

Baca Juga : Hadiri Pasar Murah, Bupati Iksan Iskandar Apresiasi Pemprov Sulsel Melalui Dinas Perdagangan

 

Ia mengaku bahwa dirinya diminta secara khusus oleh Presiden Joko Widodo untuk pastikan ketersediaan pangan setahun hingga dua tahun  kedepan selama menjabat sebagai menteri.

Kendati demikian, dalam waktu sepekan setelah dirinya dilantik menjadi Mendag, ia mengeluarkan sejumlah statement yang kian menjadi tanda tanya dikalangan masyarakat.

Adapun pernyataan Zulkifli yaitu;

1. Kaget Harga Sembako Melonjak

Pada hari pertama kerja, Ketua Umum PAN itu mengaku kaget mendengar keluhan pembeli dan penjual terkait harga yang mahal.

“Saya terus terang shock juga karena pembelinya ngeluh, yang jual juga ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup itu meningkat,” ujarnya saat melakukan kunjungan di Pasar Cibubur seperti dikutip dari CNNIndonesia.com.

Kenaikan dialami oleh harga cabai merah yang harganya meroket dari Rp80 ribu menjadi Rp100 ribu per kg. Kemudian, telur dari Rp26 ribu naik ke Rp29 ribu per kg. Ayam dari Rp21 ribu naik ke Rp26 ribu per kg.

Terkait harga cabai yang melambung, Zulkifli mengatakan kenaikan dipicu faktor musiman. Namun, kenaikan itu menurutnya bisa menjadi bonus bagi petani cabai.

“Nah, jadi kalau cabai keriting, cabai merah itu musiman, ya memang. Ya, sekali-sekali petani dapat bonus lah,” ujarnya.

2. Janji Masalah Minyak Goreng Beres dalam 2 Bulan

Belum genap satu minggu menjabat menteri perdagangan, Zulkifli pun berjanji akan menyelesaikan polemik minyak goreng dalam waktu satu atau dua bulan ke depan.

Rakyat News
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS