JAKARTA – Sebagai pionir e-commerce di Indonesia sejak 1993, Bhinneka terus aktif mendukung UMKM Indonesia untuk maju. Termasuk dalam komitmennya membina generasi muda Indonesia yang berkualitas untuk mengembangkan bisnis UMKM melalui transformasi digital lewat program Campus Marketplace.

Baca Juga : Srikandi PP Sulsel Dukung Diza Rasyid Ali Periode 2022-2027

Komitmen tersebut seiring dengan keikutsertaan Bhinneka dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program magang bersertifikat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI yang memasuki gelombang kedua tahun ini.

Program Campus Marketplace sendiri melengkapi ekosistem bisnis Bhinneka yang dibangun oleh Aronawa sebagai e-commerce platform service provider bersama para mahasiswa magang, untuk menjawab berbagai tantangan sekaligus. Diantaranya adalah menjadi platform lokapasar bagi warga universitas, mulai dari mahasiswa, dosen, staf, alumni, anggota keluarga, hingga UMKM binaan kampus, untuk mempercepat transformasi ekonomi digital.

Platform ini juga menambah jajaran mini marketplace yang terlebih dahulu diluncurkan, dan terkait dengan berbagai program pemerintah termasuk platform BeLa Pengadaan. Di sini kerjasama berbagai pihak terlihat jelas dan diakui oleh Kemendikbudristek RI melalui temu wicara daring bertajuk ‘#MelangkahMaju Bersama Universitas Ciptakan Ekosistem Bisnis Mandiri di Kampus’.

Dalam sambutan pembukanya, Chief of Commercial dan Omnichannel (COCO) Bhinneka, Vensia Tjhin mengatakan, perubahan sistem dari convencional ke digital juga membuat pelaku UMKM di kampus untuk mengubah operasional bisnis untuk mempertahankan produktivitas.

“Perubahan sistem konvensional ke digital dalam berbagai bidang, membuat pelaku bisnis UMKM tidak terkecuali yang berada di dalam lingkungan kampus, untuk mengubah operasional bisnisnya supaya bisa mempertahankan produktivitas. Menyadari bahwa UMKM memegang peranan dalam menyumbang pulihnya sektor perekonomian nasional, program Campus Marketplace Bhinneka diciptakan guna mendukung kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri, sehingga bisa menciptakan ekosistem bisnis di lingkungan kampus,” terangnya, Jumat (17/6/2022)

Lebih jauh dalam paparan, kehadiran program Campus Marketplace yang hingga saat ini telah diadopsi dan dijalankan 14 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, turut menjawab tantangan mempersiapkan talenta digital yang kian siap terjun ke dunia industri. Sekaligus menumbuhkan ekosistem bisnis mandiri di lingkungan kampus.

Program ini diharapkan bisa memaksimalkan praktik real business practices bagi program inkubasi, inovasi, dan kewirausahaan mahasiswa.