JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), memiliki visi menjadi perusahaan telekomunikasi digital terpopuler di Indonesia, mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi digital pelanggan selama libur Lebaran 2022 dan mempertahankan kinerja yang baik. Pada musim liburan kali ini, IOH mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 27% pada tanggal 29 April 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu dimana sekitar 97% diantaranya dapat terlayani di jaringan 4G. Di sisi lain, kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga pada level tertinggi. Beberapa site MOCN (Multi Operator Core Network) juga memberikan pengalaman yang lebih baik untuk aktivitas digital pelanggan di dalam ruangan.

Baca Juga : IPPB KT Mattiro Bone Sukses Gelar Pasar Murah

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan di momentum lebaran ini dapat mempercepat proses integrals jaringan untuk memberika pengalaman yang baik di libur Lebaran, walaupun terdapat hambatan.

“Lebaran ini menjadi momentum kami untuk mempercepat proses integrasi jaringan dan kami senang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik selama masa libur Lebaran, meskipun terjadi lonjakan trafik data yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim IOH dan mitra kami di lapangan, yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan,”

Indosat Ooredoo Hutchison juga mengalami peningkatan trafik data sebesar 13% selama libur lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Berdasarkan data statistik di masa Ramadan dan Lebaran sebelumnya, IOH berhasil mengantisipasi kenaikan trafik data yang signifikan di beberapa kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Cirebon, Tasikmalaya, Tegal, Madiun, Tuban, Serang, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Lampung, Padang, Pontianak dan Parepare.

Indosat Ooredoo Hutchison memprediksi pergerakan mobilitas pelanggan yang dinamis dan peningkatan trafik telekomunikasi dengan menerapkan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi yang diterapkan sejak tahun 2020 lalu. Tercatat penggunaan layanan mobile gaming meningkat 25%, media sosial sebesar 15%, messaging dan video call naik 43%, serta streaming video dan musik naik 19% dibandingkan dengan hari normal dan lebaran tahun lalu.

YouTube, WhatsApp, Facebook, TikTok, dan Instagram tetap menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan Tri dan IM3 selama libur Lebaran tahun ini, termasuk penggunaan aplikasi game online seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire.

Selain memenuhi kebutuhan dasar telekomunikasi, pelanggan juga mengikuti program THR (Tri Hujan Rejeki) untuk aplikasi bima+ dan program RAMAH (Ramadan Penuh Berkah) untuk aplikasi myIM3. Tercatat trafik pengguna yang mengakses aplikasi tersebut juga meningkat sekitar 34% selama bulan Ramadan dibandingkan dengan hari normal tahun ini. Hal ini menunjukkan kecenderungan menggunakan layanan digital yang semakin banyak digunakan oleh pelanggan IOH untuk memenuhi kebutuhan telekomunikasinya.

Sejumlah kegiatan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan serta operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan Tri dan IM3 mendapatkan pengalaman digital yang terbaik. Peralatan & dasbor khusus untuk pemantauan kualitas jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara terus-menerus serta proaktif selama 24 jam 7 hari telah berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 29% dibandingkan masa Lebaran tahun sebelumnya. Selain itu, lebih dari 87% tiket pengaduan pelanggan berhasil diselesaikan kurang dari 24 jam.

Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga memberikan dukungan atas penyelesaian kendala yang dialami pelanggan selama masa liburan. Pelanggan Tri dan IM3 pun sama-sama bisa menikmati pengalaman berkomunikasi yang lancar di jaringan 4G meskipun terjadi tren peningkatan trafik khususnya data, yang diprediksi akan tetap tinggi di masa liburan Lebaran dalam beberapa hari ke depan.

“Sesuai dengan misi Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, kami berharap jaringan terintegrasi dengan dukungan ekosistem digital IOH yang lengkap akan menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada pelanggan Tri dan IM3 selama masa libur Lebaran tahun ini,” tutupnya.