MAKASSAR – Melihat era digitalisasi zaman yang berkembang serta kaum milenial yang semakin tanggap melihat peluang dalam menciptakan lapangan kerja, menjadikan bisnis online sebagai pilihan yang tepat untuk merintis usaha. Salah satunya Gunawan, pemuda milenial yang menjalankan bisnis secara digital atau e-commerce.

Baca juga: Couplepreneur Percetakan Rimba Berikan Tips Pemasaran Produk yang Baik

Ia memanfaatkan salah satu aplikasi penjualan online untuk menawarkan produknya sejak tahun 2020. Yang saat ini masih fokus pada penjualan satu jenis produk yaitu olshop sepatu yang bernama Arjuna Sepatu & Gudang sepatu 99 dan disuplai dari barang impor dengan berbagai tipe.

Menurutnya, dalam merintis usaha perlu memperhatikan langkah-langkahnya, seperti memulai dengan memikirkan produk yang akan dijual, apakah dapat bertahan dalam jangka pendek atau jangka panjang.

“Sebelum memulai usaha, kita harus pikirkan produk apa yang akan kita jual dan produk itu bukan untuk waktu jangka pendek tapi untuk waktu jangka lama akan laku terus,” ucapnya, Kamis (7/4/2022).

Bukan hanya itu, pemilihan tempat usaha baik pelaksanaannya secara offline ataupun online perlu dipertimbangkan karena dapat memberikan dampak yang baik bagi usaha, seperti menambah pendapatan.

“Yang kita pertimbangkan itu adalah melihat trafik atau rating aplikasi yang bisa kita lihat di google atau di google play store. Kalau trafik atau ratingnya tertinggi, maka di situ bagus untuk menjual produk yang kita mau promosikan untuk dijual,” ungkapnya.

Selain itu, pemilihan branding yang tepat dapat mempengaruhi suksesnya suatu usaha. Dalam artian perlu melakukan riset pasar yang komprehensif.

Ia menilai, sebelum memulai usaha perlu untuk mengidentifikasi tren jualan online yang laku dipasaran, dikarenakan tiap tahunnya tren selalu berubah.